Etimologi multimedia


ETIMOLOGI MULTIMEDIA
·        Multimedia merupakan penggabungan 2 kata multi dan media.Multi berarti banyak,media atau bentuk jamaknya berarti medium,sedangkan media adalah entitas yang di lewati oleh suatu alat untuk medistribusikan dan (Multi) untuk menyampaikan atau membawa sesuatu.Medium (American Hertage Electronicts Dictionary,1991)adalah untuk medistribusikan  dan mempresentasikan informasi.Multimedia dapat di artikan sebagai penggunaan beberapa media berbeda untuk meggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks,audio,grapik,animasi,dan video.






·        Beberapa definisi multimedia menurut bebarapa ahli:
1.Kombinasi dari komputer dan video(croch,1996).
2.Kombinasi dari 3 elemen yaitu suara,gambar,dan teks(Mc comick,1996)
3.Kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output.Media ini dapat berupa audio(suara,musik) animasi,video,teks,grapic,dan gambar(Turban dkk,2002).
4.Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,grafik,animasi,audio,dan video(Robin dan Linda,2001).
5.Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofsteter 2001 adalah:Pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,grafik,audio,video,dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi,berkreasi,dan berkomunikasi.

·        Multimedia dapat digunakan adalah:
1.Bidang periklanan yang efektif dan interaktif.
2.Bidang pendidikan dalam penyampaian dan pengajaran secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena didukung oleh berbagai aspek:Suara,video,animasi,teks,dan grafik.
3.Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam pembuatan web site yang menarik,informatif,dan interaktif.

·        Menurut research komputer teknologi(CTR)
-Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat.
-Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar.
-Orang mampu mengingat 50% dari yang dilihat dan didengar.
-Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar,dilihat,dan dilakukan.

·        Multimedia mampu:
1.Mengubah tempat kerja.
2.Mengubah cara belanja.
3.Mengubah cara bisnis.
4.Mengubah cara memperoleh informasi.
5.Mengubah cara belajar.
6.Internet multimedia mulai bersaing dengan televisi dan radio.

·        Kategori multimedia didefinisikan menjadi 2 yaitu:
1.Multimedia content prodaktion.Kategori ini media yang digunakan adalah media teks media audio,media video,media animasi,media grafik,media special effects.
2.Multimedia comunication.Media yang digunakan adalah tv,radio dan film.Cetak,music,game,entertaiment,editing.

·        Karakteristik multimedia
Multimedia mempunyai 2 karakteristik yaitu:
1.Bentuk linier yaitu dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1 frame atau bite informasi ke yang lainnya.
2.Bentuk non linier yaitu struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.

·        Tujuan multimedia
Menurut Soetoko multimedia dapat digunakan bekerja di berbagai bidang pekerjaan tergantung dari kreativitas untuk mengembangkannya.Multimedia bertujuan:
1.Multimedia dalam penggunaannya dapat meningkatkan efektivitas dari penyampaian suatu informasi.
2.Penggunaan multimedia dalam lingkungan dapat mendorong partisipasi,keterlibatan,serta eksplorasi penggunaan tersebut.
3.Aplikasi multimedia dapat merangsang panca indera.Karena penggunaan multimedia akan rangsang beberapa indera penting manusia seperti pengelihatan,pendengaran,aksi maupun suara.

·        Sistem multimedia
1.Kombinasi media sistem disebut sistem multimedia jika kedua jenis media(Continues,discrete)di pakai.Dan media continues adalah audio dan video.
2.Independence aspek utama dari jenis media yang bebeda adalah keterkaitan antar media tersebut.Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
3.Komputer suproted intergration sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer.Sistem dapat program oleh sistem programer/sistem user.

·        Sistem multimedia dapat dibagi menjadi 2:
1.Sistem multimedia stand alone.Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage(hardisk,cd rom,dvd rom,cd-rw,dvd-rw).Alat input (keyboard,mouse,scaner dan mic),dan output(speker,monitor,lcd proyektor,vga,dan sound card).
2.Sistem berbasis jaringan.Sistem ini harus terhubung melalui jaringan yang mempunyai bandwith yang besar.Perbedaannya adalah sistem sharing dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.Contoh video conforentce,dan video broadcast.

·        Karier multimedia:
1.Pemasaran
2.Animasi
3.Desain
4.Elektronik publising
5.Editor
6.Public relation
7.Special effect
8.Web master
Next
Previous
Click here for Comments

0 comments:



Note: Only a member of this blog may post a comment.